Formulir Kontak

Minggu, 29 April 2018

Sejarah Berdirinya Negara Singapura



Sejarah Berdirinya Negara Singapura

Sejarah Berdirinya Negara Singapura



Bogel Histori - Sebagian besar kita mengetahui tetangga yang super prima, satu buah negara yang kota-kota teratur, bersih, disiplin, tertara rapi, serta penuh dengan pusat-pusat hiburan berbelanja, tetapi tahukah anda seperti apa histori negara singapura, sampai jadi metropolitan seperti saat ini, kita yang sempat belajar histori di sekolah pastinya tahu kalau singapura dulunya sempat jadi sisi kerajaan sriwijaya, persisnya pada masa ke-14.


Singapura kala itu bernama dengan kata lain Tamasek kota laut karna situasinya geografis, Sang Nila Paling utama, seseorang Raja Sriwijaya. Lantas laut menganti kota itu dengan Singapura, di ambil dari bhs Sangsekerta yang bermakna Kota Singga, tetapi studi ilmiah memperlihatkan kalau populasi Singa tidak sempat menempati daratan Singapura, disangka sebetulnya tampak dari Sang Nila Paling utama yang paling utama yaitu harimau yang mana begitu kurangnya sisa-sisa arkeologis menyusahkan studi utk ketahui sepak terjang Singapura mulai sejak kerajaan Sriwijaya roboh sampai koloni Inggris datang kurang lebih 1800-an.

Beberapa prasasti itu sampai saat ini belum juga sukses ditranslate karna bahasanya yang misterius, tetapi biarpun aksara itu tidak bisa dikenali, prasasti itu memperlihatkan Singapura sudah lama jadi pusat administrasi yang repot, jauh sebelumnya kolonial Inggris temukan tempat ini. 300 orang dan satu buah tempat duduk serta satu buah dek utk melihat yang mampu menahan hingga 300 orang, dan satu buah tempat pendaratan kapal, maka pengunjung bisa turun dari taksi kapal serta memberi pemandangan Sang Merlion yang paling baik buat Sang Merlion buat beberapa photografer, dengan latar belakang cakrawala kota serta Marina Bay yang indah, termasuk juga gedung-gedung Landmark seperti The Fullerton Singapura serta Esplanade Theatres on the Bay.

Stamford Raffles yakni satu buah nama yang sampai saat ini masih tetap kita ketemui di sudut-sudut kota Singapura yaitu Thomas Stamford Raffles, seseorang pejabat koloni Inggris yang dilantik di Bengkulu, popular jadi tokoh pendiri Singapura modern, awal dekade 1800-an, ia temukan satu buah desa nelayan punya Sultan Johor, desa itu adalah pusat pemerintahan kerajaan Melayu, runding miliki runding, pada akhirnya sang Sultan memberi lahan itu pada East India Company pada 1824, pelabuhan bebas kontan, desa nelayan yang awal mulanya berbukit-bukit serta penuh pohon buah itu beralih jadi pusat usaha Internasional.

Tempatnya yang strategis, ada diantara Samudra Hindia serta Laut Cina Selatan, jadikan Singapura jadi arah empuk beberapa saudagar kapal dari beragam negara utk berlabuh. Ditambah sekali lagi, East India Company jadikan Singapura jadi pelabuhan bebas yang ketentuan pajaknya tidak serepot pelabuhan beda. Sukses komersial ini membawa arus migrasi besar-besaran dari India, Asia Tenggara serta Cina yang paling banyak menuju Singapura sampai kota ini, keturunan dari beberapa pendatang berikut yang mejadikan menuju Singapura penuh etnik.

Pusat militer Inggris kerja sama ini berwujud Simbolis Mutualisme Singapura yang munggil memerlukan perlindungan dari Malaysia, sedang Malaysia sendiri menginginkan menghindar Singapura beralih jadi komunis karna saat itu beberapa pemimpin berhaluan kiri, Malaysia juga mengubahkan beberapa penduduknya ke Singapura utk memyeimbangkan komposisisi masyarakat yang sebagian besar beretnik Cina, tetapi kongsi ini pecah pada 1965 mulai sejak itu, Singapura mendeklarasikan dianya jadi satu buah negara Republik dengan Presiden pertama Inche Yusofbin Ishak.

Hingga hari ini Singapura masih tetap berkembang jadi satu buah metropolitan yang penuh dengan kekayan etnik serta masyarakat yang begitu focus pada disiplin pendidikan utk mendapatkan prestasi ekonomi dengan moto majulah Singapura, pada saat Perang Dunia 1 (1914-1918) , Singapura diperlukan jadi pusat militer Inggris. Tetapi pada 1924, Jepang menggantikan kota ini dari Inggris, sesudah Jepang kalah dalam Perang Dunia 2 karena serangan bom atom.

Mr. Lim Nang Seng yakni patung Merlion ke-2 yang lebih kecil, mempunyai ukuran tinggi 2 mtr. serta berbobot 3 ton, juga didirikan oleh Mr Lim sisi tubuhnya terbuat dari kombinasi semen, kulitnya dari pelat porselen serta matanya dari cangkir teh kecil bewarna merah - Histori Berdirinya Singapura. Awalnya terdapat di muka Singapura River, persisnya di seberang Elizabeth Walk, cuma 120 mtr. dari lokasi yang saat ini ruang yang dikatakan sebagai Merlion Park ini, pada tanggal 15 September 1972 satu buah prasasti perunggu, Merlion Park ini selekasnya jadi beberapa tempat populer dikota-kota besar dunia. Perdana Menteri Singapura pada saat itu Mr. Lee Kuan Yew, resmikan upacara pemasangan Merlion ini, yang berada terdapat bersebelahan dengan One Fullerton.

Asal saran menurut histori Melayu, nama Singapura didapatkan dari Sang Nila Paling utama, pangeran melayu dari Palembang pada awal ke-14 kala Sang nila Paling utama berlayar dilaut berjalan badai angin kencang yang memicu perahunya terdampar disebuah pulau, kala di pulau, Sang nila Paling utama memandang seekor binatang yang mirip Singa. Oleh karenanya, pulau itu diberi nama Singapura, bermakna kota Singa. Mr. Fraser Brunner, anggota panitia suvenir serta kurator di Van Kleef Aquarium, kepala singanya melambangkan singa yang tampak oleh pangeran Sang nila Paling utama, seperti yang terdaftar dalam Histori Melayu, Ekor Ikan Sang Merlion melambangkan kota kuno Tamasek, serta awal Singapura yang simpel, yakni jadi perubahan, sebelumnya Pangeran menamakan Singapura yang simpel yakni jadi perkampungan nelayan.

Dalam dekade paling akhir ini makin seringkali nama Singapura di sebut-sebut jadi tempat perlarian beberapa tersangka korupsi, karna negara ini cuma ada setiap saat, di sana tinggal di hotel mewah, di Orchand Road yang yaitu tempat surga berbelanja, karna makanan di sana masakan Indonesia atau Melayu seringkali didapati di sana, Singapura juga meningkatkan bidang parawisatanya dengan buka hotel termegah serta paling besar di Asia yang bernama Marina Bay Sands dengan desain yang spektakuler 23 juni 2010 lantas, diluar itu ada pula Universal Studio yang didirikan berbarengan dengan histori Singapura yang memanglah lekat dengan Inggris, tokoh dari Inggris yaitu yang dikatakan sebagai pengegas berdirinya kota perlabuhan Singapura, yaitu Thomas Stamford Raffles, ia bertandang ke Singapura, lantas jadikan Singapura adalah lokasi kota perdagangan itu kala itu.

Dalam buku Tan Malaka yang berjudul dari penjara ke penjara, menyampaikan pada saat Raffles bahkan juga masyarakat Singapura kala itu sejumlah 6 ribu orang, serta dikuasai beberapa orang Indonesia. Walaupunpun telah ada masyarakat Tionghoa dimasa itu, tapi bangsa Indonesia tambah lebih banyak kurang lebih dari 90 % dari seluruhnya masyarakat, kata Tan dalam bukunya. Tidak cuma masalah junlah penduduknya, namun nyaris semua masyarakat Singapura walau demikian mata pencarian masyarakat sana masih tetap ditangan orang Indonesia, Melayu, Minangkabau, Jawa, Bugis, Palembang, dan seterusnya. Perusahaan, Pelayaran, Perikanan, Perdagangan, serta beda sebagainya besar masih tetap ditangan orang Indonesia, terlebih di perdalaman, kata Tan seluruhnya mata pekerjaan masih tetap ditangan pribumi yakni Indonesia.

Pada masa 1937, kata Tan Malaka, jumlah masyarakat Singapura ditaksir capai 700 orang salah satunya ditaksirkan 600 orang Tionghoa atau kurang lebih 85 %, orang keliling Hindu sejumlah 70 ribu orang atau 10 %, sedang orang Melayu sejumlah 30 ribu orang atau cuma kurang lebih 5 % saja.

Disebutkan dalam satu tulisan kalau saat penghabisan masa yang beda, perusahaan timah paling besar adalah dipunyai serta diupayakan oleh orang majikan bernama Raja Mandailing - Histori Awal Berdirinya Negara Singapura. Tetapi kala Singapura dikuasai Inggris, banyak Imigrasi yang datang ke sana, salah satunya bangsa Tionghoa serta Hindustan, awalannya mereka ada juga yang bekerja jadi kuli dengan masyarakat pribumi.

Namun perlahan imigran-imigran itu berada serta jumlahnya makin banyak, situasi ekonomi mereka juga terangkat, sampai pada akhirnya banyak beberapa orang bangsa Tionghoa serta Inggris malah kuasai perkebunan cumaladang getak setelepak tangan, luasnya yang dipunyai masyarakat asli, ironisnya, hasil getah setepak tangan itu juga jatuh ke bawah ketentuan Restriction.

Untuk kalian yang ingin mengetahui bagaimana Cara Mendapatkan tempat wisata bersejarah yang ada di Singapura kalian bisa langsung saja mencari tahu di internet.

Tidak ada komentar: